Archive | April 2014

Kisah SMA yang penuh cinta dan kerinduan

Kisah ini diawali dari seorang anak yang menempuh pendidikan seperti biasanya alhamdulilah di bangku smp ibukota.. melihat kondisi saat itu banyaknya tawuran sma di ibukota ..dan mengingat kakaknya sedang menempuh kuliah di jogja. Diputuskan lah sekeluarga berhijrah ke jogja..dengan bekal NEM seadanya dan kuota calon siswa luar propinsi yang terbatas..daftar lah ia ke beberapa sma di jogja..sma teladan menjadi pilihan pertamany.. Alhamdulilah semua atas kehendak Allaah..Qodarallah ia diterima di sma pilihan kedua..
Di sma inilah kisah itu dimulai..saat itu(kondisi sekarang semoga lbih baik)..sungguh kami temukan di sma ini hanya ada 2 kelompok..radikal kiri dan radikal kanan..hampir tidak ada poros tengah.. kalaupun ada sangatlah sedikit.. di sinilah atas hidayah dan pertolongannya alhamdulilah Allahutaala menjadikkannya bagian dari radikal kanan..

Pencarian Jati diri
Ada beberapa persamaan dan perbedaan antara radikal kanan dan kiri saat itu..Radikal kiri mereka. .sangat bangga dengan jati diri smanya..mereka rela habiskan waktu-waktu setelah pulang sekolah..hingga malam..bahakan kadang juga menginap untuk menjaga atau sekedar berkumpul di depan sekolah.. dengan teman-temannya,, mencoba hal-hal baru
Adapun para radikal kanan pun usai pulang sekolah..kerap berkumpul.. berkumpul mencari makna kehidupan.. mengkaji ayat-ayat langit..untuk mengenal penciptaNya.. kadang juga mereka ijin kpd orangtua tidak tidur di rumah.. mereka bermalam di rumah2 Allaah..sekedar berusaha melatih dan menjalankan ibadah.. mengharap keridhoaan rabbnya dan khawatir atas dosa-dosa dan khilaf..karena mereka pun manusia biasa..yang mana setiap manusia pasti melakukan kesalahan..dan sebaik-baikny orang yg melakukan kesalahan adalah mereka yang segera bertaubat dan meminta ampun kpd Allaah.
Pencarian jati diri mereka dimulai dengan mencari jawaban dari pertanyaan sederhana tentang kehidupan, untuk apa kami diciptakan, apakah kami diciptakan hanya untuk bermain-main dan bersenda gurau, mereka bersyukur sekali atas nikmat terbesar Allaah kepada umat manusia, yakni diutusnya para nabi dan para Rasul membawa kabar gembira dan peringatan, dengan urutan para Nabi dari adam hingga Musa, Isa Allaihiwassalam dan ditutup oleh Nabi Muhammad Sallahuwaalaihiwasallam. Betapa umat manusia bersyukur diturunkan kitab Taurat, Injil, dan kitab terakhir Al-Quran, sebagai pembenar kitab-kitab sebelumny, bahkan contoh sederhana, ada satu surah dalam quran dinamkan surah Maryam, atau mungkin lebih dikenal bunda Maria, sebagai bukti bahwa semua Rasul mendapatkan tugas yang berantai dan membenarkan injil dan kitab-kitab sebelumnya, wallahualam, hanya Allaah yang Maha Tahu. Semua dari mereka menegaskan perintah berserah diri pada keesaan Allaahutaala..

Masalah nilai-nilai kehormatan, harga diri, dan keberanian pun tertanam di kedua golongan ini, kala itu radikal kiri begitu semangat membela habis-habisan kehormatan nama sekolah, karenanya kala itu acap kali mereka terlibat pertarungan dengan sekolah lain, yang mungkin fisik dan nyawa menjadi tauhannya, karena keberanian ini lah, sekolah kami saat itu ibarat menjadi number one enemy, setiap sekolah lain adalah lawan, tidak peduli walau itu hanya karena masalah sepele dari coret-coretan di tembok, atau ejek-mengejek. Sedangkan para radikal kanan, mereka sudah dikenalkan dan belajar memahami kondisi umat di akhir zaman, yang memang sedang diserang dari berbagai penjuru, merka belajar dari ketegaran bocah-bocah Palestina atas tank-tank canggih, pesawat jet tempur, atau senjata phosphor. Mereka merenungi perjuangan saudara-saudara mereka di suriah, berjihad mempertahankan keyakinan mereka melawan segala bentuk penyembahan selain kepada Allaahutaala,,semoga Allaah menolong kaum muslimin di manapun mereka berada dari kezaliman, hanya kepadaNya lah kami meminta pertolongan,, karenanya beginilah radikal kanan , bersemayam di hati mereka cita-cita tertinggi, mengakhiri hidup dalam keadaan membela dan berserah diri pada Allaah taala, meskipun cita-cita tinggi mereka pun juga ada, seperti menjadi pebisnis sukses, sukses di bidang masing-masing, atau menjadi suami dan ayah yang baik,,#fokusMan, tapi dari segala cita-cita itu, cita-cita tertinggi golongan radikal kanan tetaplah tidak hanya setinggi langit, melainkan menjulang dan menembus langit2 dunia, cita-citanya adalah kampung akhirat.

Teringat sepenggal kisah pelatihan pleton inti atau lebih dikenal juga pasukan pengibar bendera di SMA, kala itu. Selama prosesi latihan ada kisah adu mental,karena tidak hanya fisik yang dilatih (push up di lantai basket yang panas -_-”) mental-mental kami pun dilatih keras , duhai kakak senior, , tidak usah disuruh pun kami sudah terlalu sering kecolongan dan terlupa untuk menjaga pandangan ,, sehingga sering kami melepas pandangan kami ke pleton selatan,,hadehh, astagfirullah.. di adu mental itu,, masing berbaris berhadapan dengan lawan jenis, kami harus tetap dalam posisi tegak, tidak boleh senyum,, pandangan kami pleton putra memandang dan menatap pleton putri, prosesi saling menatap ini berlangsung beberapa saat, ini melatih mental kami, bahwa kita tidak mudah goyah, menghadapi segala ujian hidup, mungkin in hikmahnya wallahuaalam,, tapi tentu saja, bukan pandangan2 ini yang terlihat seperti menarik,,karena memandang yang bukan muhrim pastilah menjadi zina mata, , tentulah pandangan yang yg kami cari adalah kegiatan memandang pasangan yang halal kami kelak, yang mana jika suami istri saling memandang penuh cinta, rahmat Allaah akan turun meliputi mereka, rahmat Allaah sang Arrhaman dan Arrahim,, Maha pengasih dan Maha penyayang, Rahmat yang Dia turunkan ke dunia, sehingga menjadikan seorang ibu sayang pada anaknya, seorang buaya atau macan sekalipun binatang buas, karena turunnya Rahmat Allaah inilah, ketika menjadi ibu buaya dan ibu macan, mereka menjaga dan sangat menyayangi anak-anak mereka,,Rahmat yg sebagian besar Allaah simpan, dan diberikan bagi para penghuni surge kelak,, semoga kita termasuk didalamnya Ammiin tonti,
SubhanAllaah walau mungkin dalam hati kegiatan ini dijadikan terasa indah bagi syaitan,, tapi ini sungguh ujian terberat bagi kami,, mudah-mudahan Allaah taala mengampuni kami,, Alhamdulillah dari sinilah hikmah yang baru-baru saya dapati pada uji mental adu pandangan ini, mungkin pesannya ada lah bahaya melepas pandagan,, karena kita tahu pandangan itu adalah pintu awal terbukanya pintu-pintu keburukan ,, jika melihat pandagan yang diharamkan, nantiny bisa ditimbul pengaruh di hati dan pikiran,, biasanya saat uji mental berlangsung ada senior2 yang ngecie-ciein kita,, sungguh ketahuilah kakak2 senior yg kuhormati ,, ga perlu kalian cie-ciein pun,, sudah teraktivasi cie-cie dalam diri kami,, — “ dan hormon2 pun berpengaruh,, krenanya sungguh kami diajarkan menundukkan pandangan,, Alhamdulilah saya baru paham di sini , apalagi musim panas,, TT,, karena yang diperintahkan bukan memalingkan pandangan, tapi menundukkan,pandangan,, karena kalau di sini, ketika tidak sengaja melihat sesuatu aurat, selain wajah dan telapak tangan itu adalah aurat,, perintahnya adalah menundukkan,, jadi yang kita lihat adalah tanah,, ingat akan tanah yang kita smua akan kembali pada tanah,, perintahnya bukan memalingkan,, karena kalau kita memalingkan,, pandangan, di seluruh pnjuru mata angin pastilah ada hal2 serupa,, TT..

Teringat juga kisah Pelantikan dan mendapatkan seragam, pelantikannya di malam hari uji nyali mengelilingi sekolah masing-masing seorang diri di malam hari itu mengetes ketauhidan kami, bahwasanny jin itu ada dan mahluk halus itu memang ada, tapi mereka hanyalah mahluk ciptaan, selama kita dekat dengan sang Pencipta tidak perlu ada yang ditakutkan. Memang sih sekolah kami sangat strategis kalau dikaitkan dengan hal2 seperti tu,, karena secara sebelah kanannya itu pasar pusat keramaian,, sedangkan persis sebelah kiri, seberang tembok lab biologi adalah kuburan,-_-“, rumah masa depan setiap kita,,kami diajarkan bahwa yang perlu dicatat di sini adalah tidak mungkin orang yang sudah mati bisa bergentayangn, balas dendam seperti di film-film , karena mereka dan kita pun nanti akan menyusul,, sudah ada di alam kubur,dijaga malaikat, di sana mulai terlihat apa-apa yg kita usahakan, apakah mendapat siksa kubur, atau tidak, kami berlindung pada Allaahu taala dari siksa kubur,, kalaupun ada orang yg sudah mati seakan-akan kembali ke rumah, atau ketemu di tempat angker,, itu sejaitinya bukan mereka sungguhan melainkan hanya golongan jin yang menyerupai orang yang sudah meninggal tadi, karena jin memang Allaah berikkan kemampuan melakukan hal2 yang demikian, itulah iman kami kepada hal-hal ghaib dan tidak tampak oleh mata biasa,, dan sejatinya, sungguh seseram-seramnya apapun jin, asal kita tidak menganggu mereka dan melakukan ritual-ritual kesyirikan,, mereka tidak akan mampu melukai kita sehelai rambut pun kecuali atas ijin Rabb penguasa yang ghaib dan yang nampak.. inilah pentingnya kita menuntut ilmu, ilmu agama, ilmu yang menjelaskan segala hal tentang kehidupan dunia dan hakikat kehidupan akhirat, akan jelas dan bertambah keyakinan dan kemantapan menjalani makna-makna kehidupan, tadinya saya pun dulu sempat ketakutan ketika waktu kecil banyak tayangan uji nyali, uka-uka, dan sinetron hantu2 semisalnya. Saya sempat takut tidur sendirian, keadaan gelap, tapi setelah kita tahu perkara-perkara ghaib dan mengenal dari petunjuk yang benar, niscaya rasa takut itu akan hilang. Sungguh rasa takut saya lebih kepada kemaksiatan dan kekhlifan yang saya lakukan, apakah diampuni atau tidak, kalaupun misal ikut uji nyali semaleman , ketakutan lainnya, saya lebih takut ketiduran aja,, banyak digigit nyamuk nanti ㅋㅋ
Pas pulang pelantikan, ada kejadian yang lucu jika diingat, badan dan pikiran saya benar-benar letih, tidak saya pikirkan bagimana saya bisa pulang ke rumah kala itu, terlebih saya juga belum sempat punya sim dan membawa motor sendiri,, sehingga saya putuskan berjalan kaki ke perempatan,, saya lupa itu bukanlah daerah Seoul, yang busnya beroprasi sepanjang hari, dan bisa memakai kartu elektronik t-money,dan kalo habis naik kereta dalam 30 menit kita naik bus, diitungnya gratis, dan mesinnnya akan bilang hwanseng imnida,,dan itu salah satu sumber kebahagiaan seorang mhasiswa rantau ㅋㅋ, bukan pula Jakarta yg setidaknya terkadang masih ada metro mini atau setidaknya bajai seliweran,, apalagi saat itu saya tinggal di daerah dekat perbatasan kabupaten Sleman sembada berlogo bundar seperti bakphia pathuk propinsi daerah istimewa jogja berhati nyam2,, QodarAllaah,karena ketentuan Allaah segala sesuatu telah ditetapkan dan ditakdirakn, ribuaan tahu sebelum manusi adiciptakan,, saat itu setelah tidak lama menunggu saya, berpapasan dengan teman saya yg membawa motor , melihat kami memakai seragam yang sama ,merah kheki,seperti lambang logo kampus koreode kala itu, beliau, menghampiri saya, dan sempat tertawa saat mendengar bahwa saya sedang menunggu bis di perempatan mirota kampus hampir tengah malam, kalau pun ada bis yang lewat, pastilah itu bis yang penumpangnya tertunduk diam, mungkin semua diam karena ngantuk dan capek ㅋㅋ, saya pun hanya tersenyum atas keluguan dan kebodohan saya saat itu, akhirnya setelah saya kabarkan bahwa saya tinggal dibelakang kantor stasiun TVRI yang setiap akhir pekan diramaikan dengan acara dangdutan rakyat itu, ternyata rumah kami searah.. Alhamdulilah,saya pulang dengan selamat
Terima kasih, semoga Allaah membalasmu dengan kebaikan yang banyak kawan

20140426-204321.jpg

Di masa-masa akhir kelas 3, ibu saya mendaftarkan ke bimbel agar anaknya ini bisa mempersiapkan ujian nasional dan masuk ptn dengan baik, saya dalam rangka taat dengan ibu dan memang smoga bimbel membantu belajar saya ini pun, mendaftarkan diri di salah satu bimbel. Alhamdulilah beberapa bimbel kala itu, berinovasi dengan mengajar secara efisien, cara-cara cepat, dan kadang diselingi humor,, yang kadang niat saya pun ternodai,,ikut kelas bimbel agar bisa mendengar lelucon segar atau ketemu tutor matematika yang berjilbab lebar itu #fokusman,, Pada intinya, mengikuti bimbel seperti latihan-latihan soal banyak membantu kita memahami pelajaran ,,karena jadi banyak latihann,, Alhamdulilah, Ujian nasional pun saya lewati dengan baik,, Pesan saya buat adik2 yang mau ujian nasional,, ga perlu rempong pake acara nyontek segala ,, ujian nasional tingkat kesulitan soalnya masih lucu2,, tidak seperti soal ujian masuk PTN,, jadi baru kalo pas ujian masuk ptn tetep jangan nyontek juga ya, usaha persiapan lebih keras,, jangan lupa banyak berdoa , minta doa orang tua, dan iringi perbuatan buruk dengan banyak perbuatan baik,, lah ya, hhe,, in sha Allaah,, mendapatkan hasil maksimal tanpa perlu mencontek,, karena lebih elegan nanti ,klo pun ga sengaja denger , contekan,, kita bisa cek, wah contekannya salah nih,, itulah salah satu manfaat ilmu,, ga bakal mudah ragu,, mau ngasal pun ga ragu2, karena daripada nyontek mending dia ngasal Bismillah,, karena mengingat bahwa urusan contek mencontek bahkan sudah diatur dan ada larangannya, yang intinya orang yang menipu dan berbuat curang, bukanlah golongan kami,,

Ada lagi sepenggal kisah bahasa inggris. Konon guru kami ini sudah lama tinggal di australia, karenanya kami seakan-akan diajar oleh native, dan mengikuti budaya-budaya keras luar negeri gitu. Banyak istilah – istilah yang muncul saat itu, mulai dari tulisan kekecilan dibilang like bacteria lah, jalan terlalu pelan dibilang caterpillar lah, ㅋㅋ,, tapi banyak hal tentang bahasa inggris dari beliau yang saya pelajari alhamdulilah,, secara tidak langsung pun mental kami digembleng dan menjadi lebih kuat pada akhirnya,, alhamdulillah,,terima kasih ibu guru,, suasana kelas pun senantiasa tegang, pernah saya lagi puasa setelah kelas beliau,lupa dan mampir makan nasi sayur kikil teh manis hangat gorengan tempe,, saya baru ingat setelah kembali ke kelas bahwa saya sedang puasa, ㅋㅋ

20140426-204343.jpg

Saya pun bisa dibilang termasuk orang yang jarang bolos,, udah masuk rajin aja, masih banyak perlajaran yang saya gak ngerti, gimana kalau sering bolos -_- “.. bolos itu nanti kalo ortu tau pastilah membuat mereka bersedih, makanya bersemangat belajar mendapat nilai yang baik, membuat mereka bahagia.

Alhamdulilah atas segala sesuatu, boleh jadi kita menyukai satu hal, tapi itu buruk bagimu (mungkin kamu akan lupa diri, sombong, dll),boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu (mungkin denganny kita bisa belajar kesabaran, ketegaran, dan senatiasa rendah diri)
Berbagai kisah sepanjang hidup saya yg singkat ini, Alhamdulilah segalnya ada hikmahnya,,
Berbagai macam penolakan pernah saya alami,, Saya pernah ditolak masuk tes masuk penerimaan sekolah Alhamdulilah, sayapun lamaran beasiswa pun sering mengalami penolakan alhamdulilah, lamran pekerjaan pun saya acap kali ditolak, Alhamdulilah,, kisah cinta saya pun selalu kandas sebelum sempat tumbuh (bilang aja ditolak susah amat man,,-_-’ㅋㅋ), bahkan dulu di dekat kampus saya ada kos-kosan yang kalau mau ngekos di situ harus dites dan diwawancara dulu, dan saya pernah ditolak juga,, ya begitu lah kerasnya kehidupan ibu kota nak,,alhamdulilah..
Alhamdulillah alaa kulli hal, Bersyukur atas segala sesuatu, segala puji hanya milik Allaah, ,
Senantiasa akan membuat kita semangat optimis, menatap masa depan, karena Allaah taala tidaklah selalu memberikan yang terbaik bagi hmbanya,,
Sesulit apapun keadaan ,, sesulit apapun, orang yg beriman pada Allaah dan hari akhir, ia tidak akan berpikir pendek mengakhiri dengan,, bunuh diri,,seperti yang terjadi di negara-negara maju dan jauh dari nilai-nilai agama. Sungguh siksaan yg besar di akhirat bagi seseorang yang mendahului takdirnya dengan membunuh diri, padahal setiap orang sudah divonis akan merasakan maut. . karenanya seorang yg beriman ia tidak pernah putus asa, senjata sabar dan syukur menjadi penentram hatinya dalam segala keadaan,, sepelik apapun keadaan yang dihadapi, misal setelah kalian mendengar berita bahwa Neng tiffany telah jadian, pastilah kalian tetap sanggup bertahan dan tegar, berbesar hati menerima dengan ridha, beriman kepada takdir yang baik dan buruk,, eh tapi man selama belum ada janur kuning, lha di sini emang ada janur kuning -_-“,, siapa tahu si cowok sudah menemui walinya, sudah dikhitbah atau dipropose, tidak boleh seseorang menikung perempuan yang sudah dikhitbah orang lain, #fokusman bahkan masalah tikung-menikung sudah diajarkan, kenapa tikung-menikung ga boleh salah satu alasanya akan timbul kerusakan jika tidak diatur, coba rasakan apa yang orang lain rasakan, misalnya kamu menjadi cowok itu, tiba2 ditikung cowok lain, pasti sakit kan, jadi janganlah engkau menyakiti saudara kalian,, ya inti ajaran islam itu yang jelek-jelek dilarang seperti menyakiti orang lain, dusta, fitnah, membunuh semua dilarang keras, sebaliknya jujur, adil , menolong orang, semua sangat dianjurkan,

Demikianlah sepenggal kisah nyata dan sungguh-sungguh terjadi seperti di rubrik salah satu Koran lokal Jogja. Kisah SMU yang penuh cinta, cinta kami kepada Pencipta kami, kepada Utusan Allah, Kepada para sahabat dan orang-orang shalih, dan orang tua kami.. Bagaimana dengan cinta yang itu tu man, Tidak dipungkiri, kami pun tidak terlepas merasakan fenomena alamiah ini, tapi kami pelajari bahwa hakikatnya cinta adalah salah satu anugrah yang indah dari Sang Maha Indah, karenanya hendaklah cinta ini dijewantahkan atau dibuktikan dengan cara yang indah pula,, bagaimanakah cara yang indah itu, tentulah sebaik-baiknya cara ialah cara yang diajarkan oleh sang Maha Indah kepada manusia melalui petunjuk Rasulullah Sallahu waalaihi wassalam, Semuanya telah diatur alhamdulilah, bahkan dari tips memilih jodoh, sampai bagaimana mempertahankan lika-liku rumah tangga,, Ya begitulah, kami memilih memendamnya, kami memilih menyatakan dan membangun cinta ini hingga di saat yang tepat, cinta yang tumbuh setelah cinta kami kepad Allah, rasulNya, orang-orang shalih, dan orang tua kami. Kami akan bersabar memberikan rangkaian pujian, rayuan dan gombalan terhebat kami hanya kepada seseorang yang memang berhak menerimanya dan memang kami berkewajiban memberikannya.
Bagaimana mungkin kami tukar dua hal yang sangat jauh bedanya, misal dipukul kepala dengan palu masih lebih baik daripada memegang / bersentuhan dnegan lawan jenis, padahal stelah menikah jika tangan saling bersentuhan dengan kasih sayang dari tangan itu akan berguguran dosa2,, bagaimana mungkin kami tukar, memandang yang berujung zina mata, dengan memandang yang dengannya akan turun rahmat dari langit,, makanya pacarannya nati setelah ijab Kabul, sekarang saling melihat dan mengnal kondisi sekedarnya dulu aja btw plis #fokusman Kami pun dari SMU beusaha menumbuhkan kerinduan berjumpa dengan Pencipta kami, Panutan kami, dan Orang2 yang senantias beramal shalih, semoga Allaah mengumpulkan kami bersama mereka semua, walaupun mungkin kami bukan termasuk dari mereka. Kami pun berusaha mulai memupuk rasa tidak suka dan risih pada pelaku-pelaku maksiat, karenanya kami diperintahkan mengajak kepada kebaikan dan mencegah pada kemungkaran, walaupun mungkin kami termasuk bagian dari mereka. Untuk itulah kami memohon petunjuk / hidayah, di jalan ini, di seluruh fase-fase kehidupan kami yang sebentar ini, ( yang mana masa kuliah akan lebih banyak lagi variasi golongan, dan kami hanya berusaha berpegang teguh menjadi radikal kiri yang sesuai pemahaman yang benar, permahaman Rasulullaah Sallahualaihi wasalam dan para Sahabat, karena para sahabat dididik langsung sonsaengnim (bahasa koreanya guru)-nya adalah Rasullullah Sallahualaihiwasaalam yang mendapat wahyu langsung dari Malaikat Jibril. Kami memohon semoga dijaga di atas hidayah sampai keyakinan (ajal) mendatangi kami, Allahuma amin
karenanya bersemangatlah pada apa2 yang bermanfat bagimu, jangan lah engkau mereasa lemah,, mintalah pertolongan dari langit,,kalo orang sini biasaanya bilang,, 화이팅!!~,, hwaiting ㅋㅋ

Demikianlah, karena khawatir terlalu panjang dibaca, nanti membuat letih para pembaca yang setia nyasar di blog ini (asumsi ada yang nyasar atau salah klik sampai ke blog ini ^_^), semoga bisa dijadikan pelajaran dan diambil hikmahnya, Alhamdulillah in sha Allaah

20140426-204406.jpg

Advertisements

아름다운 히잡,, Beautiful Hijab

Actually this is my facebook status, but because I think quite long enough, So I decide to repost in this blog ^^

아름다운 히잡, Beautiful Hijab

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا

예언자여 그대의 아내들과 딸들과 믿는 여성들에게 히잡을 쓰라고 이르라 그때는 외출할 때 라 그렇게 함이 가장 편리한 것으로 그렇게 알려져 간음되지 않도 록 함이라 실로 하나님은 관용과 자비로 충만하심이라 (꾸란 33 : 59)

O Prophet, tell your wives and your daughters and the women of the believers to bring down over themselves [part] of their outer garments. That is more suitable that they will be known and not be abused. And ever is Allah Forgiving and Merciful.( Al Ahzab : 59)

무슬림여자들이 히잡을 써야 하고 예의가 발라야 됩니다.
밖에서 화장은 진하지 않은 것이 좋으며 집에서만 남편에게만 진하게 화장할 수 있는데.
여자들의 안전과 품위를 위해서 이슬람에서 가르쳤어요.

어차피, 히잡을 쓴 여자가 더 아름다울 것 같네요,~ ㅋㅋ

“하나님께서는 무슬림 여성들에게 아름다움을 가려서 유혹이 되지않도록 명하셨습니다. 그래서 히잡을 쓰고 긴 치마를 입는것이구요. 마찬가지로 무슬림 남성들은 시선을 낮추고 외간 여자와 손도 잡아서는 안됩니다. 하지만 합법적으로 결혼하여 아내는 남편에게 아름다움을 보이고 남편은 다른 여성이 아닌 아내만을 사랑하게 되기에 가정은 더욱 행복하게 되는것입니다”
It is obligation for muslim women to wear Hijab and have a good manner (akhlaq)
It is not permissible using too much make up and eyecatching dress while you are outside to prevent any bad intention from other people. Your beauty is only for your husband in your home 🙂
Islam taught it for women’s safety and dignity. May Allah guide us..

Duhai saudariku muslimah,,

adalah wajib bagi para muslimah memakai jilbab dan menjaga akhlak mereka.
pakailah jilbab yg sederhana, tidak perlu yang rempong2, macem model lebah,kupu2, belalang, cengcorang, emangny museum serangga,, 🙂
Sungguh Allah menghendaki kemudahan bagi kita dalam menjalankan syariat-Nya.
Parameter hijab yang sederhana, jika dengan hijab itu kalian bisa langsung gunakan untuk sholat tanpa perlu lagi memakai dan membawa mukena, 🙂
lalu bagaimana kalo mau pake hiijab sambil tetap tampil cantik,,
justru menyembunyikan kecantikan itulah salah satu tujuan perintah berjilbab, agar kalian aman dari gangguan, semoga Sang Pembolak-balik hati membimbing dan menjaga kita semua..